Suroboyo.id – Bagi kamu yang ingin merekam panggilan ketika menelpon seseorang kamu bisa menyimak tutorial di bawah ini.

Terkadang kamu ingin merekam suatu percakapan di WhatsApp Call. Namun, WhatsApp tak memiliki fitur khusus untuk melakukannya.

Salah satu cara sederhana merekam sebuah percakapan telepon adalah dengan merekamnya dengan perekam suara. Namun cara ini dianggap tak efisien.

Aplikasi Perekam Suara Panggilan WA Android

Cube Call Recorder ACR

Cara termudah untuk merekam Panggilan WhatsApp di ponsel atau tablet Android adalah dengan memanfaatkan aplikasi rekaman panggilan yang tersedia di Google Play Store.

Dalam kasus ini, kamu dapat menggunakan Aplikasi rekaman panggilan VoIP yang dikenal sebagai “Cube Call Recorder ACR” yang mendukung panggilan rekaman pada berbagai aplikasi VoIP seperti Skype, Viber, IMO, Facebook, WhatsApp, dan lainnya.

Langkah-langkah untuk merekam Panggilan WhatsApp menggunakan Cube Call Recorder cukup sederhana, yaitu:

  • Unduh Aplikasi ACR Recorder Cube Call dari Google Play Store dan ikuti instruksi pada layar untuk mengatur Aplikasi.
  • Setelah aplikasi diatur dan telah terpasang, buka Aplikasi dan ketuk ikon Mikrofon yang terletak di sudut kanan bawah layar Android kamu.
  • Sekarang, Panggilan apa pun yang kamu buat di WhatsApp akan direkam oleh aplikasi ini.
  • Untuk berhenti merekam panggilan, cukup ketuk ikon mikrofon. Kamu dapat menyimpan rekaman tersebut di ponsel Androidmu. Ikon Mikrofon berfungsi seperti tombol dan kamu dapat mengaktifkan dan menonaktifkan Perekaman Panggilan hanya dengan mengetuk Ikon Mikrofon tersebut.

Real Call Recorder

Real Call Recorder adalah salah satu aplikasi paling populer untuk merekam panggilan audio yang dapat digunakan secara bersamaan untuk mengunduh data panggilan audio dari semua messenger seperti Facebook messenger, Skype, Viber, dan pastinya WhatsApp.

Real Call Recorder merekam seluruh percakapan secara otomatis dan menyimpannya dalam Kartu SD ponselmu dalam format audio yang paling mudah diakses dari pemutar mp3.

Dengan begitu, kamu akan dengan mudah untuk memutar rekaman kapan saja dan dari perangkat apa pun. Aplikasi juga ini mampu membagikan rekaman tersebut secara langsung di platform media sosial.

Instal dan buka aplikasi Real Call Recorder dari Google Play Store, dan pilih WhatsApp dan aktifkan perekaman. Jika kamu ingin mengaktifkan fitur untuk messenger lain, aktifkan juga. Kecuali kamu memilih aplikasi, semua panggilan masuk dan keluar akan direkam secara otomatis. Kamu juga dapat menelusuri file dalam daftar rekaman aplikasi.

Messenger Call Recorder

Messenger Call Recorder adalah cara hebat lainnya untuk merekam panggilan WhatsApp secara otomatis dan menyimpannya secara permanen ke ponsel kamu. Aplikasi Messenger Call Recorder memiliki banyak kesamaan dengan aplikasi yang telah dibahas di atas.

Tapi, satu keuntungan besar dari memilih aplikasi ini adalah ia mengkonsumsi lebih sedikit baterai dan memori telepon. Messenger Call Merekam panggilan dengan kualitas suara beresolusi tinggi bersama dengan konsumsi daya baterai yang lebih sedikit.

Namun perlu dicatat bahwa aplikasi perekamanan yang satu ini masih belum bisa digunakan oleh semua pengguna HP Android.