Suroboyo.id – Cara mengatasi rasa putus asa dalam hidup, kamu bisa melakukan hal-hal berikut ini.

Hampir dari kita pernah mengalami perasaan seperti ini. Mungkin pada saat kita kehilangan atau mengalami sebuah perubahan dalam hidup yang justru mengganggu pada diri.

Atau pada saat menghadapi depresi kronis dan berbagai macam hal negatif sehingga kita merasa situsainya tidak ada harapan dan tidak akan pernah berubah menjadi lebih baik.

Baca juga: 5 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan: Dapat Menigkatkan Fokus dan Konsentrasi Hingga Atasi Kecanduan

Keputus asaan merupakan perasaan putus asa atau kurangnya harapan bahwa hidup bisa terasa lebih baik daripada sebelumnya.

Perasaan ini seringkali menyebabkan kurangnya investasi atau minat dalam hidup. Dan yang paling ekstrem dapat menyebabkan pikiran untuk bunuh diri.

Rasa putus asa juga bisa menjadi tandamasalah kesehatabn mental yang lebih luas, seperti depresi atau kecemasan.

Berikut ini cara untuk mengatasi perasaan negatif tersebut yang dapat kamu lakukan:

1. Jangkau Keluarga dan Pertemanan

Salah satu cara terbaik untuk mengalihkan diri dari pikiran negatif dan mengurangi perasaan putus asa yaitu dengan menghabiskan waktu bersama dengan keluarga atau teman dekat.

Saat kamu sudah mulai merasakan putus asa tapi malah menarik diri dari keluarga dan teman, hal ini tidak hanya akan memberimu waktu untuk merenung, namun juga meningkatkan resiko deprresi, kecemasan bahkan perasaan ingin bunuh diri.

Tapi menghabiskan waktu dengan orang lain, akan membuat diri kamu lebih baik. Dan akan mencegah pikiran negatif memasuki pikiran.

Selain itu, berkumpul dengan keluarga dan teman akan memberikan kamu akses langsung ke lingkaran orang-orang terpercaya yang dapat memberi dukungan secara emosional saat kamu membutuhkannya.

2. Hindari Perenungan yang Tak Berkesudahan

Perenungan atau berpikir secara mendalam dan berulang-ulang tentang sesuatu, seperti peristiwa negatif yang sedang kamu alami.

Hal itu akan sangat berdampak buruk pada kesehatan mental dan berkontribusi pada perasaan putus asa dan depresi.

Salah satu bkebiasaan yang sering membantu untuk melawan perenunganadalah dengan mengalihkan perhatian dengan tetap sibuk pada hal-hal lain.

Misal seperti jalan-jalan, menghabiskan waktu untuk hobi, atau hanya memikirkansesuatu yang tidak terkait dengan sumber depresi atau kecemasan yang sedang kamu alami.

3. Meditasi Mindfulness

Meditasi mindfulness adalah bentuk meditasi yang melibatkan fokus pada apa yang terjadi saat ini. Kemudian menerima perasaan dan sensasi kamu tanpa jenis reaksi atau penilaian apa pun.

Penelitian menunjukkan bahwa meditasi kesadaran dapat mengurangi keparahanbeberapa masalah kesehatan mental, termasuk kecemasan, depresi, dan stres.

Para ahli percaya bahwa ini mungkin karena perhatian penuh mempengaruhi jalur stress tertentu pada otak dan mengaktifkan daerahyang terkait dengan pengaturan dan perhatian emosional.

Pada saat kamu merasa sedih, putus asa, atau terpengaruh oleh perasaan negatif lainnya, kamu bisa menyisihkan waktu bermeditasi untuk membantu keluar dari kondisi mental saat ini.

Baca juga: 30 Kata-Kata Positif yang Bakal Tingkatkan Mood Kamu Kembali

4. Tidur Teratur

Tidur sangatlah penting untuk kesejahteraan fisik dan mental, juga sangat penting untuk mendapatkan tidur yang cukup pada saat kamu merasa putus asa, depresi, atau cemas.

Jika kamu merasa sedih, tetapkan waktu tidur yang teratur, lalu pertahankan jadwal tidur kamu yang baru.

Berusahalah untuk berada di tempat tidur pada waktu yang sama setiap harinya, bahkan di akhir pekan.

Upayakan untuk mendapatkan tiur 7 hingga 8 jam setiap malam.