Suroboyo.id – Simak biodata dari Lyodra Ginting pelantun lagu daur ulang Sang Dewi yang viral akibat suaranya yang merdu dan mampu menarik banyak perhatian dari warga Indonesia.

Lyodra Ginting merupakan salah satu penyanyi Indonesia sekaligus aktris asal kota Medan, Sumatra Utara. Ia adalah penyanyi berdarah Batak Karo yang telah banyak menorehkan prestasinya di usia yang belum genap 20 tahun.

Nama Lyodra sebenarnya sudah tidaklah asing dalam dunia tarik suara. Sebab dirinya adalah pemenang dalam ajang menyanyi Internasional Festival Sanremo Junior tahun 2017 di kota Sanremo Italia.

Baca juga: Biodata dan Profil Keisya Levronka Serta Fakta Menarik, Perjalanan Karir Hingga Keluarga

Berikut ini biodata lengkap Lyodra Ginting yang bisa kamu simak.

Nama lengkap: Lyodra Margareta Ginting

Kota lahir: Medan

Tanggal lahir: 21 Juni 2003

Pendidikan:

  • SMA Santo Thomas 2 Medan
  • Universitas Pelita Harapan jurusan Ilmu Komunikasi

Agama: Katolik

Latar belakang:

Nama Lyodra adalah modifikasi dari kata Liora bahasa Ibrani yang artinya cahaya. Ayahnya adalah seorang pengusaha bernama Simar Ginting dan ibunya bernama Nathalia Johana Tarigan. Ia memiliki adik laki-laki.

Baca juga: Biodata dan Profil Kaesang Pangarep: Profesi, Pendidikan, dan Agama

Perjalanan Karier

Sejak kecil, Lyodra telah mengikuti belajar vokal bersama Derta Purba yang diketahui merupakan guru vokal dari penyanyi-penyanyi berbakat Tanah Air di antaranya Putri Ayu Silaen IMB 1, Ourel Idola Cilik 2, Abigail The Voice Kids Indonesia 1, Eygrha The Voice Kids Indonesia 1, Geisha The Voice Kids Indonesia 1, Vionita The Voice Indonesia, Naura Idola Cilik 5 dan The Voice Kids Indonesia 3, Christopher Indonesian Idol Junior 1, Aura Indonesian Idol Junior 2 dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dalam kegiatan keagamaan, Lyodra juga aktif menjadi pemazmur di misa Gereja Katolik Pasar 6 Padang Bulan, Medan. Ia sering tampil di berbagai ibadah dan acara gereja, baik Protestan maupun Katolik.

Saat remaja, Lyodra menjajaki kompetisi menyanyi tingkat nasional melalui ajang Kirana Semen pada 2014.

Ia juga mengikuti ajang pencarian bakat Indonesia Mencari Bakat 4 (IMB) dan berhasil menjadi finalis pada posisi keenam.

Pada tahun yang sama, Lyodra menjadi anggota dalam sebuah proyek ‘Di Atas Rata-Rata’ oleh komposer ternama Erwin Gutawa, ia berlatih bersama Gita Gutawa.

Baca juga: Biodata Betrand Peto Lengkap dengan Fakta Menarik: Agama, Pendidikan, Hingga Sederet Penghargaan

Selanjutnya, Lyodra mulai berani tampil dalam berbagai acara nasional. Pada 2 April 2016. Lyodra bersama tim ‘Di Atas Rata-Rata’ tampil dalam acara musik Java Jazz Festival.

Pada peringatan Kemerdekaan RI 17 Agustus 2016, Lyodra dan tim ‘Di Atas Rata-Rata’ kembali tampil di Istana Merdeka, Jakarta.

Tak cukup sampai disitu, Lyodra yang masih berusia 13 tahun berani mengikuti kompetisi menyanyi internasional khusus penyanyi solo dalam Festival Sanremo Junior 2017 di Kota Sanremo, Italia.

Dalam ajang itu, Lyodra ditemani Gita Gutawa masuk sebagai finalis. Pada 3 Mei 2017 lalu, Lyodra membawakan lagu ‘Dear Dream’ ciptaan Gita Gutawa, yang merupakan terjemahan lagu asli berjudul “Janji untuk Mimpi”.

Lirik lagu ‘Janji untuk Mimpi’ diterjemahkan menjadi bahasa Inggris oleh Ria Leimena. Pada kompetisi ini, Lyodra berhasil menjadi juara dan mengalahkan 22 peserta dari 18 negara.

Kemudian pada 2019, Lyodra semakin dikenal saat mengikuti ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2020 (musim kesepuluh). Lyodra berhasil memukau para juri karena teknik whistle register (jangkauan suara tertinggi di atas falsetto) miliknya.

Lyodra pun berhasil kembali menjadi juara di ajang Indonesian Idol pada 2 Maret 2020 lalu. Aliran musik Lyodra yakni Pop, Klasik, R&B, Rock, dan Soul. Saat ini Lyodra telah bergabung dengan Universal Music Indonesia.