Suroboyo.id – Alwi Assegaf memiliki nama asli yaitu Alwi Yoshida Assegaf. Ia merupakan seorang pendakwah muda dan juga seorang aktor.

Sejak kecil Alwi menyukai dunia dakwah dan bahkan bercita-cita ingin menjadi ustadz. Ia juga sudah sering berdakwah ke penjuru Indonesia meski terbilang usianya masih sangat muda.

Awal karir Alwi Assegaf yaitu menjadi bintang iklan. Yang kemudian dia rajin mengikuti casting sinetron dan pada akhirnya ia berhasil lolos casting dan seorang produser menawarinya sebuah judul sinetron pada salah satu stasiun tv.

Baca juga: Biodata Natasha Wilona: Mulai dari Pacar, Agama dan Biografi Lengkapnya

Dan berikutini adalah biodata Alwi Assegaf selengkapnya:

Nama panjang: Alwi Yoshida Assegaf

Nama Panggilan: Alwi Assegaf

Tempat lahir: Tokyo, Jepang

Tanggal lahir 3 Februari 2006

Umur: 16 tahun

Agama: Islam

Pendidikan:D Islam Terpadu Jakarta SElatan

Hobi: Syuting, sholawat, dan berdakwah

Makanan favorite: Salmon, soto, kebab

Zodiak: Aquarius

Profesi: Aktor dan pendakwah

Tahun aktif: 2012-sekarang

Kewargaan: Indonesia

Orang tua: Mahdar Assegaf (Ayah), Mahyumi Yoshida (Ibu), Aminah Yoshida Assegaf (adik)

Twitter: @alwi_assegafn3w

Instagram: @alwiassegaf03

Youtube: Almon Official Alwi Assegaf dan Aminah Yoshida

Baca juga: Biodata Dinda Hauw Istri Rey Mbayang: Perjalanan Karir Asmara Hingga Keluarga

Keluarga Alwi Assegaf

Alwi Assegaf lahir di Tokyo, Jepang, 3 Februari 2006, ia adalah anak kedua dari pasangan Mahdar Assegaf (Arab) dengan Mayumi Yoshida (Jepang).

Alwi mempunyai kakak perempuan yang bernama Anisah dan adik perempuan yang bernama Aminah. Kini ia duduk di bangku sekolah Kelas 5A di SD Islam Plus AL ISLAM Jaksel.

Keturunan ke-40 Nabi Muhammad SAW

Menurut Habib Ahmad Muhammad Bin Alatas ketua dari organisasi yang khusus menjaga kemurnian silsilah Nabi yaitu Maktab Nasab Rabithah Alawiyah, beliau memaparkan bahwa silsilah Alwi sampai pada Nabi Muhammad SAW.

Alwi masih berada di garis keturunan Nabi Muhammad SAW dari Husein yang merupakan putra dari Fatimah Azzahro’. Sedangkan dari Abdurrahman Assegaf, Alwi merupakan keturunan atau cucu yang ke-17.

Abdurrahman Assegaf dikenal sebagai seorang yang cerdas dan dapat menamatkan Alquran sebanyak delapan kali dalam sehari.

Ayah Alwi kini telah mendaftarkannya menjadi satu di antara keturunan Nabi Besar Muhhamad SAW. Setelah mengetaui dirinya menjadi keturunan Rasulullah, Alwi merasa harus bertanggung jawab dan menjaga akhlak dalam kehidupan sehari-harinya.

Usia Alwi memang baru 11 tahun, namun ia memiliki kemampuan luar biasa yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya. Selain mewarisi kepintaran sang kakek, ternyata Alwi juga sudah hafal 30 juz Al Qur’an.

Meski keturunan Rasul, namun Alwi sama dengan anak-anak pada umumnya. Ia suka bermain di sela kegiatan syuting.

Jika ada waktu luang, Alwi memilih naik kereta mini di TMII seraya melihat sejumlah miniatur bangunan yang ada di Indonesia.

Alwi memiliki juga jiwa sosial tinggi, rendah hati, mudah berteman dengan siapa saja, dan religius. Alwi jatuh iba jika melihat anak-anak seusianya yang nasibnya tidak seberuntung dirinya, yang dia temui di perempatan jalan. Biasanya Alwi memberi makanan kepada anak-anak tidak mampu itu, dibanding uang.

Baca juga: Biodata Lucinta Luna Lengkap dari Nama Asli, Agama, Karir Hingga Akun TikTok

Filmografi

  • This Is Cinta (2015)

Sinematografi

  • Raden Kian Santang (2012)
  • Cahaya Hati

Iklan

  • Susu Ultra, bersama Cassandra
  • Voltaren
  • Roma Sari Gandum
  • Lifebuoy
  • Alang Sari Plus
  • Madurasa Stick

Penghargaan

  • Sebagai Artis Cilik Tersilet dalam ajang Silet Awards 2017.