Index

Ajax Tunda Kemenangan Pertama Karena Kiper Lawan Pingsan di Lapangan

suroboyo.id – Ajax sementara unggul atas RKC Waalwijk dalam pertandingan lanjutan Eredivisie akhir pekan ini, namun pertandingan harus dihentikan sementara karena kiper lawan pingsan di lapangan.

Ajax, yang merupakan bekas klub Mohammed Kudus, harus menunda perayaan mereka atas kemenangan pertama dalam enam pertandingan terakhir di Liga Belanda.

Hal ini terjadi karena kiper Waalwijk, Etienne Vaessen, mengalami cedera kepala yang serius dan harus segera dilarikan ke rumah sakit.

Dampak dari insiden ini adalah pertandingan yang digelar di markas Waalwijk harus ditunda, dan belum ada kepastian kapan pertandingan akan dilanjutkan. Pada saat insiden terjadi, Ajax memimpin dengan skor 3-2.

Cedera Vaessen terjadi setelah ia bertabrakan dengan striker De Godenzonen, Brian Brobbey, ketika ia mencoba menghalangi Brobbey yang sedang membawa bola mendekati gawangnya. Akibat benturan itu, Vaessen terjatuh tak bergerak di lapangan ketika pertandingan telah mencapai menit ke-84.

Staf medis yang bergegas masuk lapangan langsung lakukan pertolongan pertama pada kiper berusia 28 tahun itu, sementara tampak beberapa petugas lain yang membentangkan kain mengelilingi sang kiper saat ia tengah jalani perawatan.

Para pemain kedua tim tampak resah dengan kejadian itu, beberapa di antaranya bahkan tak kuasa menahan tangis saat Vaessen mendapat perawatan, sampai akhirnya ia ditandu keluar lapangan.

Diungkapkan De Telegraaf, seperti yang dilansir Metro, Vaessen sempat diresusitasi di lapangan, yakni sebuah prosedur medis yang dilakukan dengan cara memberikan penekanan pada dada.

Sebuah prosedur ini yang menjadi penanganan pertama untuk kondisi henti jantung dan henti napas karena berbagai kondisi, seperti kecelakaan atau tenggelam. Resusitasi ini tentunya akan memberi hasil maksimal bila dilakukan sesegera mungkin.

Vaessen akhirnya dilarikan ke rumah sakit. Namun, laporan terakhir menyebutkan, kiper yang sudah gabung Waalwijk sejak tahun 2016 itu sudah sadarkan diri.

Waalwijk pun mengonfirmasikan, pemain yang sudah tampil dalam 122 pertandingan yang mereka lakoni itu kini sudah sadar dan tengah jalani perawatan lanjutan di rumah sakit.

“Kami benar-benar syok dengan insiden di lapangan ini, di mana kiper kami Etienne Vaessen pingsan dan kondisinya sempat mengkhawatirkan,” demikian pernyataan resmi klubnya mengenai kondisi Vaessen.

“Kami bisa umumkan, setelah penanganan medis, dia sadar dan akan jalani perawatan lanjutan di rumah sakit. Kami berharap Etienne kuat dan dia bisa segera bermain lagi untuk kami,” lanjut pernyataan tersebut.

Direktur RKC Waalwijk, Frank an Mosselveld, menambahkan, Vaessen sudah bisa memberi respon saat dia dimasukkan ke dalam ambulan. “Dia sudah benar-benar melupakan apa yang terjadi, kami saksikan sesuatu yang sangat serius, saya juga ingin memberi pujian terhadap staf medis yang sudah bertindak cepat,” ujarnya.

Exit mobile version