Suroboyo.id – Haid yang tidak lancar menjadi salah satu masalah untuk para wanita jika tidak diikuti dengan kehamilan. Wanita yang tidak mendapatkan haid bisa menjadi tanda adanya masalah pada kesehatan reproduksinya.

Melansir pada Hindustan Times, haid yang tidak lancar bisa disebabkan oleh beragam fakstor, mulai dari stres hingga kekurangan nutrisi.

Haid yang tidak teratur kerap kali menimbulkan perubahan suasana hati, rasa nyeri pada pinggang, hingga perut yang terasa begah.

Baca juga: Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan: Dapat Menangkal Radikal Bebas Hingga Melawan Kanker

Menurut seorang Aryuveda Doctor (BAMS) di Kerala Ayurveda Ltd, merekomendasikan beberapa jenis ramuan herbal untuk membantu melancarkan haid pada wanita.

Dia juga mengatakan bahwa mengkonsumsi makanan olahan dan gula yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan menstruasi tidak lancar.

Berikut ini ada beberapa ramuan herbal alami yang dapat membantu melancarkan haid.

1. Kunyit

Rempah kunyit adalah obat traditional yang diyakini beberapa orang sebagai emnagog.

Emenagog merupakan herbal yang merangsang aliran darah di daerah panggul dan rahim, sekaligus dapat merangsang menstruasi. Kunyit juga mampu mempengaruhi kadar estrogen dan progesterogen.

Cara membuat ramuan kunyit untuk melancarkan haid cukup mudah:

  • Ambil seperempat sendok teh bubuk kunyit
  • Masukkan ke secangkir air hangat
  • Aduk hingga

Jika rasanya terlalu getir, Anda bisa menambahkan sedikit madu ke dalamnya.

2. Jahe

Jahe memiliki formula anti inflamasi alami yang mampu membantu mengatasi haid yang terlambat. Rempah satu ini menjadi obat tradisional untuk menginduksi menstruasi dan dipercaya mampu menyebabkan kontraksi rahim.

Cara mengolah jahe menjadi ramuan herbal juga cukup mudah:

  • Potong jahe yang sudah dikupas
  • Masukkan ke dalam air
  • Didihkan 5-7 menit
  • Lalu, saring dan tambahkan teh secukupnya

3. Paterseli

Paterseli merupakan tanaman berwarna hijau yang mengandung vitamin C dan apiol tinggi.

Kandungan ini dapat membantu merangsang kontraksi rahim. Akan tetapi dalam jumlah tertentu, apiol ini bisa beracun dan membahayakan, terutama bagi orang yang sedang mengandung.

Cara membuat ramuan herbal pelancar haid dari paterseli ini yaitu,

  • Ambil beberapa sendok makan paterseli segar
  • Masukkan ke dalam secangkir air yang mendidih
  • Biarkan selama 5 menit kemudian minum

4. Kayu Manis

Rempah kayu manis juga bisa digunakan untuk membantu melancarkan haid yang tidak teratur, terutama jika disebabkan oleh masalah hormon yang tidak seimbang.

Bahan alami ini mampu membantu kadar insulin yang memengaruhi siklus haid dan fungsi hormon lainnya.

Baca juga: 5 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan, Selain Mempercepat Penyembuhan Luka Juga Dapat Meningkatkan Fungsi Ginjal

5. Ramuan dari Pepaya Mentah

Ramuan dari pepaya mentah Pepaya merupakan obat rumahan yang paling efektif untuk melancarkan haid. Dilansir dari Times of India, pepaya mentah mampu merangsang kontraksi di dalam rahim dan membantu menginduksi menstruasi.

Kandungan karoten di dallam pepaya mentah dapat merangsang hormon estrogen sehingga menginduksi periode awal haid. Cara membuat ramuan pepaya mentah ini cukup sederhana, yaitu diolah sebagi jus.

Campurkan pepaya mentah yang layak dikonsumsi ke dalam 200 ml air dan haluskan dengan blender.