Suroboyo.id – Berikut ini 5 bahan alami yang bermanfaat untuk meningkatkan memori pada otak.

Ada beberapa bahan alami yang dapat dijadikan sebagai minuman herbal yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan memori otak.

Meskipun sekarang sudah banyak asupan nutrisi untuk otak berupa susu maupun suplemen yang sudah banyak dijual di apotik dan supermarket.

Baca juga: Kasus Meninggalnya Anak Usai di Vaksin, Berikut Penjelasan Komda KIPI dan Dinas Kesehatan Jombang

Seperti dilansir dari laman Blackdoctor, Selasa (13/9/2022), berikut lima ramuan alami yang bisa membantu meningkatkan memori dan kesehatan otak Anda.

1. Jus Blueberry
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa makan lebih banyak buah berpigmen seperti blueberry dikaitkan dengan penurunan risiko Alzheimer, serta bisa meningkatkan konsentrasi dan memori hingga 5 jam kemudian.

2. Teh Peppermint
Bahkan tanpa kafein, minuman lezat ini dapat menyegarkan otak Anda. Studi telah menemukan bahwa aroma peppermint dikaitkan dengan berkurangnya kecemasan dan kelelahan, serta peningkatan motivasi dan kinerja.

3. Jus Bit
Bit adalah sayuran yang sarat dengan nitrat makanan yang diubah menjadi nitrit dalam tubuh, yang meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak.

Banyak orang tak suka mengonsumsi bit karena cita rasanya, dan jika Anda ingin mencobanya bisa dicampurkan dengan buah berperisa manis seperti blueberry, susu almond dan almond, lalu blender bersama.

4. Air Lemon
Air adalah kehidupan dan infused water mungkin sangat dibutuhkan tubuh. Studi menunjukkan bahwa dehidrasi dapat mengacaukan memori dan fungsi otak secara keseluruhan.

Sementara penelitian lain menemukan bahwa aroma lemon meningkatkan kinerja pada tugas-tugas yang membutuhkan banyak konsentrasi.

5. Kopi Dicampurkan Kayu Manis
Mungkin tampak jelas bahwa kopi akan membuat Anda bersemangat dan fokus, Tingkatkan efek peningkatan otaknya lebih jauh dengan menambahkan beberapa batang kayu manis.

Sebuah studi tahun 2009 menemukan bahwa hanya dengan mencium aroma rempah-rempah ini dapat meningkatkan perasaan waspada dan mengurangi frustasi.