Suroboyo.id – Jika membahas tentang berat badan, sebenarnya ada berbagai macam faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah faktor genetik, fisiologis, hingga gaya hidup.

Sedangkan faktor yang paling banyak mempengaruhi berat badan yaitu dari gaya hidup dan pola makan. Sebab akibat dari pola makan yang salah adalah kontributor signifikan terhadap peningkatan berat badan.

Untuk memantau konsumsi makanan, kamu dapat membantu penurunan berat badan yang efektif.

Baca juga: Menu Diet Sehat dan Sederhana untuk Challenge Selama 7 Hari: Dijamin Sehat dan Menyenangkan

Mengubah pola makan adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan dengan mudah dan cepat. Sebab, asupan nutrisi berpengaruh besar pada kesehatan dan berat badan kamu untuk jangka panjang.

Tidak perlu melakukan diet yang ketat untuk memiliki berat badal yang ideal. Hanya perlu berfokus pada keseimbangan nutrisi yang masuk pada tubuh saja.

Asupan nutrisi sangat mempengaruhi kesehatan dan berat badan kamu untuk jangka panjang.

Untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan, berikut adalah rekomendasi makanan yang bisa kamu konsumsi setiap hari. Tanpa harus melakukan diet ketat berat badan akan kembali ideal.

1. Makanan Kaya Asam Lemak Omega-3

Ikan Salmon, Ikan, Makanan, Di Atas Es

Tubuh kamu membakar lemak lebih banyak kalori jika tingkat metabolisme tinggi. Sehingga akan dapat mempercepat metabolisme dengan mengonsumsi makanan kaya omega-3.

Penelitian menunjukkan bahwa makanan ini bertindak sebagai agen anti-inflamasi, menurunkan resistensi insulin, dan mencegah obesitas.

Oleh karena itu, mengonsumsi makanan seperti ikan dan kacang-kacangan yang tinggi asam lemak omega-3 akan membantu untuk menurunkan berat badan dengan stabil.

2. Makanan Kaya Serat dan Mengandung Protein

Telur, Telur Ayam, Telur Rebus

cara termudah untuk merasa kenyang lebih lama dan dapat menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi serat dan protein tanpa lemak.

Karena serat membantu menurunkan berat badan karena akan membuat rasa kenyang lebih lama. Demikian pula, protein yang tanpa lemak, seperti pada unggas, kacang-kacangan, oat, yoghurt dan telur.

Protein juga membantu menyediakan bahan bakar yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan.

3. Sayuran Segar

Hijau, Smoothie, Rindang, Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan sawi meningkatkan penurunan berat badan. Sayuran ini dapat memberikan rasa kenyang karena rendah kalori dan tinggi serat.

Sayuran hijau juga kaya akan nutrisi penting dan antioksidan yang menyehatkan.

Baca juga: Solusi Ampuh Turunkan Berat Badan Tanpa Perlu Diet yang Menyiksa, Pejuang Diet Wajib Tahu

4. Buah Segar

Raspberi, Buah-Buahan, Makanan

Buah-buahan adalah camilan yang sempurna untuk program penurunan berat badan. Karena dalam buah segar kaya akan vitamin, serat dan mineral.

Salah satu contoh buah yang baik untuk membantu penurunan berat badan adalah buah berry, sebab buah berry adalah sumber yang kaya serat makanan, antioksidan, dan vitamin C.

Buah berry juga dapat membantu meningkatkan pemeliharaan berat badan dan perlindungan saraf serta mengurangi resiko penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2.