Suroboyo.id – Kini ada semakin banyak orang yang tertarik untuk mempelajari Bahasa Jawa. Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang tersebut, maka Anda wajib mengetahui cara translate Aksara Jawa ke Bahasa Indonesia dengan cepat dan mudah.

Aksara Jawa atau sering disebut dengan Aksara Carakan merupakan salah satu tulisan tradisional Indonesia yang berasal dari pulau Jawa.

Dalam perkembanganya, aksara ini juga dipakai untuk penulisan beberapa bahasa seperti Sunda, Sasak, Madura hingga Melayu.

Baca Juga: Cara Mudah Translate Bahasa, Manfaatkan Aplikasi hingga Layanan Jasa

Cara Translate Aksara Jawa

Seiring dengan perkembangan zaman, kini Anda tak perlu lagi mentranslate Aksara Jawa secara manual. Berikut adalah sejumlah cara mudah yang bisa Anda coba seperti yang dirangkum dari tedieka.com.

1. Aplikasi Bagaskara

Ini merupakan aplikasi yang bisa Anda download melalui Google Play Store dan dikembangkan oleh Prieyudha Akadita S.

Kelebihan dari Aplikasi Bagaskara adalah kemampuannya dalam mentranslate file foto. Ini membuat Anda tak perlu repot-repot mengetik Aksara Jawa terlebih dahulu.

2. Aplikasi Nulis Aksara Jawa

Aplikasi Nulis Aksara Jawa juga dapat Anda unduh di Google Play Store. Aplikasi yang mirip dengan Google Translate ini dilengkapi dengan fitur pengetikan Aksara Jawa, dan fitur translate.

Sayangnya aplikasi ini hanya mampu mengonversi huruf latin ke Aksara Jawa, namun tidak bisa melakukan sebaliknya.

3. Website Kompiwin.com

Selain aplikasi yang dioperasikan di ponsel pintar, ada juga sejumlah website yang bisa Anda gunakan untuk melakukan translate Aksara Jawa ke Bahasa Indonesia.

Salah satu website tersebut adalah Kompiwin.com. Untuk mencobanya, silahkan mengakses alamat berikut www.kompiwin.com/translate-aksara/jawa/.

4. Website Sastra.org

Selain Kompiwin.com, Anda juga bisa mencoba website Sastra.org. Melalui website ini, Anda bisa mengetik Aksara jawa sesuai dengan keinginan Anda.

Jika Anda ingin mencoba untuk mentranslate Aksara Jawa dengan cara ini, silahkan akses alamat berikut www.sastra.org/huruf-jawa.

5. Website Bennylin.github.io

Situs lain yang bisa dipakai untuk merubah Aksara Jawa ke Bahasa Indonesia atau huruf latin adalah situs Bennylin.github.io.

Untuk mencoba cara ini, Anda bisa mengakses alamat berikut bennylin.github.io/transliterasijawa/.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Novel Bahasa Ingrris Terbaik Cocok untuk Menambah Kosakata

6. Aplikasi Aksara Jawa

Seperti namanya, aplikasi ini juga menawarkan fitur untuk mengubah aksara latin menjadi Aksara Jawa, dan sebaliknya.

Aplikasi Aksara Jawa ini juga merupakan aplikasi yang bisa Anda unduh di Google Play Store melalui ponsel pintar Anda.

Sayangnya Aplikasi Aksara Jawa tidak memungkinkan Anda untuk melakukan copy dan paste, sehingga Anda hanya bisa mengetik secara manual.

Akhir Kata

Kini teknologi semakin canggih dan mampu mempermudah proses untuk melakukan berbagai macam hal, termasuk untuk mengonversi Aksara Jawa ke Bahasa Indonesia atau huruf latin, dan sebaliknya.

Ada berbagai aplikasi dan website yang bisa membantu Anda untuk mentranslate dengan cepat dan akurat.

Teknologi modern ini tentu dapat Anda jadikan sebagai sarana pelestarian kebudayaan kuno warisan nenek moyang yang sudah hampir punah.

Sekian penjelasan kami mengenai cara translate Aksara Jawa ke Bahasa Indonesia. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.