Sate Taichan Mas Bewok: Sate Ayam Berdaging Putih Yang Pedese Nagih

Sate Taichan mampu menjadi gerakan alternatif di tengah dominasi sate mainstream seperti Sate Madura, Sate Klopo, dan Sate Kol... Foto: Adrea Kristatiani

Kuliner Surabaya — Siapa yang doyan makan sate di sini? Makanan yang satu ini memang sudah menjadi kegemaran arek Suroboyo, terbukti dengan berbagai macam sate yang disajikan di Kota Pahlawan ini. Mulai dari Sate Kelapa, Sate Kul, Sate Madura, Sate Kreco, Sate Kol, dan lain-lain yang sak halaman isok entek buat nyebutin jenise.

Sate umumnya disajikan sendiri atau bergandengan dengan makanan lain. Kayak misale sate kerang bareng Lontong Balap, atau Sate Madura dengan bumbu kacang. Nah, lek sate Taichan iku opo? Masih asing atau sudah tahu?

Pencarian sate jenis Taichan ini bermula dari ramainya instagram seorang selebgram yang punya bisnis yang sama, yaitu Sate Taichan. Gambarnya pun sangat menggoda. Sebab, sate yang satu ini tidak seperti sate yang biasanya ada di Surabaya.

Karena kepo banget sama sate ini, akhirnya googling lah… sambil berdoa semoga sudah ada yang buka cabang di Surabaya. Dan akhirnya, gayung bersambut, Sate Taichan Mas Bewok ditemukan. Tempatnya pun berdekatan dengan salah satu universitas di kawasan Rungkut.

Suasana makan di Sate Taichan Mas Bewok. Awas salah tempat! Foto: Adrea Kristatiani.
Suasana makan di Sate Taichan Mas Bewok. Awas salah tempat! Foto: Adrea Kristatiani.

Ya’apa sih rupane sate Taichan ini?

Ya kayak sate ayam, tetapi dagingnya putih. Kalau pada sate umumnya setelah dibakar, daging satenya akan berubah menjadi coklat muda sedikit gosong-gosong. Nah kalo sate Taichan dagingnya tetap putih, tetep onok gosong-gosonge.

Meski dagingnya putih, daging ayamnya wes mateng lo rek.

Satu lagi yang membedakan adalah bumbu sausnya, gapake bumbu kacang, tapi pake sambel.

Di Sate Taichan Mas Bewok ini, aku pesen dua porsi, satunya buat mas pacar. 😀

Berhubung mas pacar gasuka pedes, aku minta satu porsi sate yang sambelnya dipisah. Beberapa menit kemudian, sate Taichan pun datang, porsi satunya pake lontong, satunya lagi pake nasi.

Mas Pacar nggak suka sambel. Jadinya sambelnya dipisah. Bukan kami yang harus berpisah... :3 Foto: Adrea Kristatiani
Mas Pacar nggak suka sambel. Jadinya sambelnya yang dipisah. Bukan kami yang harus berpisah… :3 Foto: Adrea Kristatiani

Penampakan dari sate Taichan persis dengan sate Taichan yang ada di instagram, akhire ketemu sama sate yang satu ini. Sate Taichan Mas Bewok ini satu porsinya berisi sepuluh tusuk sate, dengan tiga potongan daging tiap tusuknya.

Sate Taichan yang fresh dari bakaran ini disajikan dengan taburan bawang goreng dan jeruk nipis. Sebelum disantap, satenya dikucuri jeruk nipis dulu biar tambah sedep.

Pada gigitan pertama, sate Taichan ini bertekstur empuk dan juicy. Mantep! Dagingnya yang putih ini tidak ada bau amis, malahan baunya sedap ala sate. Kemudian, paduan antara daging dengan sambalnya pun saling melengkapi rasanya.

Pedasnya bumbu sambal pun tepat, nggak kayak lagi nguyah sambel. Awalnya memang tidak terasa pedas, adanya rasa gurih dan segar dari jeruk nipis, namun lama-kelamaan pedesnya mendominasi perlahan.

Lama-lama es teh sak gelas habis gara-gara kepedesen. Tapi, bagi kalian yang ga kuat sama pedes, bisa minta dipisah sama bumbu sambelnya, jadi sambelnya bisa dicocol-cocol aja, ga mengurangi enaknya kok.

Satu porsi sate ini cukup mengisi perut yang kelaparan, karena porsi nasi dan lontongnya yang ga pelit.

Daging sate taichan berwarna putih. Tapi bukan berarti belum matang! Dijamin dagingnya tidak amis. Foto: Adrea Kristatiani
Daging sate taichan berwarna putih. Tapi bukan berarti belum matang! Dijamin dagingnya tidak amis. Foto: Adrea Kristatiani

Sate Taichan Mas Bewok ini mampu menjadi selingan dari segala sate-sate yang ada di Surabaya.

Kalo buat aku, Sate Taichan ini sudah menjadi favorit di saat suntuk dengan sate biasa. Sate berdaging putih ini mampu memberikan sebuah cita rasa baru yang bisa menggoyang lidah penikmatnya.

Monggo dicoba!

 

Harga:

Sate Taichan (10 tusuk): Rp 17.000

Lontong/Nasi: Rp 3.000

Es Teh Manis: Rp 5.000

 

Sate Taichan Mas Bewok

Jl. Medokan Ayu 1A no. 27-28 (Depan Kampus UPN), Rungkut

Jam Buka: 16.30-22.00 (Minggu Libur)

Instagram @satemasbewoksurabaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here