SUROBOYO.id Beri Pelatihan Jurnalistik SMP Se-Surabaya

junalistik SMP Se-Surabaya
Rio F. Rachman saat memberi pelatihan jurnalistik di salah satu SMP di Surabaya. Foto: Istimewa

SURABAYA – Membahagiakan. Itulah kesan tim penulis SUROBOYO.id yang sudah diundang untuk memberikan pelatihan junalistik SMP se-Surabaya selama empat hari. Betapa tidak, kami diberi kesempatan untuk berinteraksi dengan adik-adik SMP yang penuh semangat ala Bung Tomo.

Event yang diadakan oleh Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya itu digelar pada 23, 24, 30, dan 31 Mei 2016. Konon, kegiatan itu dilaksanakan sebagai persiapan lomba jurnalistik media bulletin yang akan digelar di tingkat kota dan nasional.

Pelatihan jurnalistik SMP se-Surabaya diadakan di lima tempat yang tersebar seantero kota pahlawan. Tepatnya, di SMP Barunawati, SMPN 17, SMPN 21, SMPN 26, dan SMPN 3. Tiap tempat, ada satu pemateri yang memberi arahan pada setidaknya 50 siswa/siswi. Yo, akeh sih. Tapi, semoga barokah.

Semua SMP/sederajat diundang. Sekolah keagamaan dan internasional juga diundang. Soal mereka datang atau tidak, wallahu a’lam.

Simulasi wawancara narasumber untuk para peserta. Foto: Istimewa.

Awak SUROBOYO.id yang jadi pemateri adalah Rio F. Rachman dan Agung Putu Iskandar. Ada juga tiga pemateri lain yang membawakan topik media online. Tapi, tiga pemateri lain, entah dari agency mana. Namun kabarnya, mereka mau bergabung dengan SUROBOYO.id karena semboyan kami yang sederhana itu: yang penting beribadah dan bahagia.

“Belajar menulis itu penting. Karena akan mengasah sikap kritis dan logika,” kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dispendik Surabaya Ibu Eko Prasetyoningsih dalam sambutannya di SMPN 26 Surabaya.

Salah satu jenis tulisan adalah karya jurnalistik. Tulisan ini berupa reportase atau berita tentang hal yang menarik. Dalam kesempatan tersebut, topik atau ruang lingkup pemberitaan adalah sekolah masing-masing. “Meskipun kalian tidak bercita-cita sebagai jurnalis, belajar jurnalistik akan membuat wawasan kalian makin kaya,” kata Bu Eko di hadapan para siswa.

Tim SUROBOYO.id berharap, apa yang sudah disampaikan akan bermanfaat bagi adik-adik SMP. Materi babon yang dikemukakan ke seluruh sekolah sudah “diseragamkan”.

Bahan pembelajaran tersebut sudah didiskusikan lebih dulu di internal lima narasumber dan Dispendik. Hanya pengembangannya yang berbeda di tiap tempat. Esensinya, sama. Selain soal penulisan jurnalistik, Dispendik juga memberi pelatihan fotografi, layouting, dan website developing.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here