Paon Kadek: Tombo Kangen Masakan Bali di Surabaya

paon kadek
Kangen Bali langsung oleh tombone! Foto: Adrea Kristatiani.

Berita Surabaya – Sebentar lagi musim liburan lho. Kira-kira pada mau liburan kemana guys? Biasanya inget liburan, pasti beberapa dari kalian ada yang inget Bali. Atau jangan-jangan ada yang wes booking liburan ke Bali? Atau malah belum pernah ngincipin liburan kesana?

Gausa sedih, apalagi galau… Kalian tetep bisa ngincipin Bali walaupun kalian di Surabaya. Tapi bukan ngomongin pantainya lo ya, soalnya ini lagi ngomongno kuliner khas Bali.

Kuliner khas Bali memang ga ada duanya. Mulai dari ayam betutu, sambal matah, sate lilit, dan nasi campurnya itu nggarai gabisa move on. Sayangnya, di Surabaya restoran yang jualannya kayak gini masih terbilang jarang, kalaupun ada biasanya non-halal.

Nah, yang ga biasa itu kalo ada yang jualan kuliner Bali, halal, harganya pas di kantong pula. Kayak yang satu ini, Paon Kadek.

Murah dan halal

Sate ini bisa kamu nikmati tanpa ngelencer adoh adoh nang Bali! Foto: Adrea Kristatiani.
Sate ini bisa kamu nikmati tanpa ngelencer adoh adoh nang Bali! Foto: Adrea Kristatiani.

Di Paon Kadek ini, saya langsung gerak cepat memesan nasi campurnya! Kenapa? Karena isinya komplit soro. Mulai dari sate lilit, ayam betutu, ayam suwir, telur bali, sayur bali, sambal matah, dan sambal bawang. Kurang opo maneh? Lengkap pol kan.

Ayam betutu disini menggunakan ayam negri. Ayamnya disajikan dalam dua bentuk, goreng dan basah. Kalo suka yang kering, pilihlah yang goreng. Gorengannya pas, tidak berminyak, dan bumbunya itu loh, nggarai pengen nambah maneh (kemudian teringat timbangan yang jarumnya makin lama makin ngarah ke kanan…)!

Tapi, kalo lagi cari yang hangat-hangat dan berkuah, monggo pilih yang basah. Ayam betutu basah disajikan dalam mangkok bersama kuahnya. Sambil cuil ayamnya, sambil sruput kuahnya sekalian, enak dan hangat.

Lanjut ke sate lilit dari Paon Kadek. Sate lilit disini berbahan dasar daging ayam. Pemilihan daging ayam disini bukan sembarang, melainkan untuk menjaga kualitas rasa dari sate tersebut agar tetap enak. Satenya pun dibuat dengan komposisi yang tepat, jadinya gurih, empuk, dan lembut.

Biar tambah joss, jangan lupa makannya sambil dicocol ke sambalnya.

Pedas dan segar

paon-kadek4

Nah, selain ayam betutu dan sate lilit, yang jadi highlight  adalah sambal matah. Sambal matah sangat berbeda dengan sambal yang ada di Surabaya. Rasa pedesnya bukan pedes yang nggigit lidah (sampe mati rasa biasanya gara-gara kepedesan), tapi seger dan penuh citarasa.

Yang membedakan adalah komposisi sambal dan pemotongannya. Kalo sambal Surabaya, semua bahan akan diulek hingga lembut, berbeda dengan Bali, bahan sambalnya dicampur dalam bentuk potongan yang besar-besar. Jadi kali uda masuk mulut, bakalan ada sensasi krenyesss.

paon kadek
Jangan khawatir. Semua makanan di Paon Kadek instagrammable ngetz! Foto: Adrea Kristatiani.

Nasi campur Paon Kadek ini ancen super, menyenangkan di mulut dan mengenyangkan di perut. Sepiring nasi campur Paon Kadek bisa membawa sepotong Bali dalam mulutmu.

Kehadiran restoran Paon Kadek di Surabaya tentu bakalan bikin Surabaya makin diversity dalam dunia perkulinerannya, dan apalagi Paon Kadek ini halal. Makin adem anyem kan makannya buat semua kalangan yang tetiba rindu sama kuliner Bali tapi masih belum sempet kesana.

Paon Kadek

Jl. Klampis Anom Iv No. 24, Sukolilo, Surabaya Timur, Surabaya

Setiap hari : 10.00 – 17.00

081332049315

Line : paon.kadek

@paonkadek

Harga:

Nasi Campur Paon Kadek Rp 30.000

Es Teh Rp 5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here