Masika ICMI Siapkan Nonton Bareng dan Diskusi Max Havelaar

Catat tempat dan waktunya, lacak, datangi. Insya Allah barokah. aamiin

Berita Surabaya – Setelah sukses menggelar bedah buku kumpulan puisi Balada Pencatat Kitab di warung Mbah Cokro Jum’at (30/9) bulan lalu, Majelis Sinergi Kalam (Masika) ICMI Jatim kembali berkegiatan. Komunitas tersebut sedianya menggelar nonton film bareng Max Havelaar di tempat yang sama, Warung Mbah Cokro Jalan Raya Prapen nomor 22. Waktunya, Jum’at (21/10) pada pukul 19.00 sampai selesai. Tak hanya nonton, namun bakal dilengkapi dengan diskusi.

Film tersebut dipilih karena sarat pesan moral. Di dalamnya, terdapat pelajaran tentang sejarah, politik, dan kemanusiaan. Bahwa orang-orang idealis yang berpikiran visioner dan penuh keberanian, memang diperlukan pada tiap zaman. Apapun rezimnya.

Ketua Umum Masika ICMI Jatim Abdul Rahman Hidayat mengungkapkan, event kali ini selain bertujuan mengikat silaturahmi antar sesama anggota Masika, juga diharapkan bisa menjadi ajang diskusi bareng yang terbuka bagi publik.

“Agar kita tidak lupa akan sejarah bangsa ini yang sejatinya sejak lama terus bergerak berjuang untuk melawan segala bentuk “kolonialisme”. Sebagaimana yang pernah dialami oleh Max Havelaar atau Douwes Dekker saat itu. Yang prihatin dengan sistem tanam paksa dan politik etis yang dilakukan oleh penjajah,” ungkap dia.

Yang tak kalah menarik, dalam diskusi kali ini akan dihadiri pula oleh Rosdiansyah (peneliti senior) dan Airlangga Pribadi (Dosen FISIP Unair). (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here