Kuliah Disambi Kerjo: Dapat Ilmu, Duwit, dan Pengalaman

BERITA SURABAYA – Jangan hanya karena kamu sedang kuliah, kamu merasa tidak wajib untuk bekerja. Dulur rahimakumullah. Yakinlah, karir mahasiswa itu dimulai tatkala masuk kampus untuk pertama kali. Bukan saat lulus. Kalau kamu baru mau berkarir saat sudah lulus, sungguh terlambat.

Karir yang saya maksud, bukan dalam arti sempit: profesi. Guduk iku, Rek! Karir yang saya maksud, adalah rangkaian tahap untuk mendapat profesi yang kamu idamkan. Nah, tahap yang paling awal, mendasar, dan penting, adalah menguatkan mental!

Caranya, ya tak lain dan tak bukan, dengan bekerja. Di dunia kerja, kamu akan merasa betapa penting disiplin. Betapa penting kemamuan team work. Betapa penting menghargai uang.

Dadi, ora mung dadi tiga-tiga (baca: pengemis) beasiswa seko wong tuwo mawon, dulur.

Ora usah profesi sing angel-angel. Sing penting, belajar kerjo. Koen gak perlu dadi Direktur Pertamina atau Komisaris Semen Gresik saat kuliah, Rek. Koen bakal repot nanti. Bahkan, mungkin kuliahmu gak akan rampung-rampung. Dan yang terpenting, wong pertamina karo semen gresik yo gak kiro milih dapuramu!

Nah, berikut profesi kecil-kecilan yang bisa kamu cicipi pas lagi kuliah

Guru Bimbel

Tak harus mengajar di tempat les besar sekaliber Primagama, GO, Kumon, dan kawan-kawan. Jadi guru privat juga boleh. Bayarannya lumayan, lho. Buat sangu tipis-tipis tuku batagor atau pentol cimol, sempol, atau tahu bulat, cukuplah. Nek bayaranmu entek, yo poso. Koyok biasane iku lho

Penerjemah

Tentu, ini buat mereka yang kuliahnya di jurusan bahasa asing. Atau, di jurusan apapun, tapi kamu bisa bahasa asing. lumayan, Rek. Kamu bakal dibayar perlembar atau per kata. Ngkuk nek wes terkenal, koen isok matok tarif tinggi, dulur!

Tukang ketik

Di kampus itu ada banyak orang males. Baiklah, saya ralat. Saya tidak mau suuzon. Mereka tidak males. Tapi, punya banyak kesibukan lain yang lebih penting dari mengetik. Sementara, mengetik bagi mahasiswa, sama rutinnya dengan buang air besar. Meh ben dino kudu ngetik. Kecuali, sing gak doyan mangan sayur!

Jogo warnet/warkop

Harus diakui, di Surabaya, warnet sudah di masa sakrataul maut. Bahkan, cenderung berpindah ke game online. Isok she ngenet, tapi yo iku, sing utama yo game online-nya. Gak koyok zamanku sing enom mbiyen. Nok endi-endi onok warnet murah sak jam rongewuan. Saiki, nok endi-endi onok wife gratis wifi gratis. Ya, warnet pun wassalam.

Untuk gantinya, kamu bisa pilih war yang lain. yakni, warkop. Cari juragan warkop, lamar anaknya pekerjaan padanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here