Suhu Kota Surabaya Lebih Dingin, Ini Penjelasan BMKG

Kawasan Jembatan Merah di Kota Surabaya. Foto: Pixabay

Kota Surabaya – Suhu Kota Surabaya dan sekitarnya terasa lebih dingin dalam dua pekan belakangan ini. Situs Accuweather.com menyebutkan bahwa rata-rata suhu harian Kota Pahlawan tersebut sekitar 31 derajat celcius dengan suhu paling dingin 23 derajat.

Situasi tersebut akan terus terjadi dalam tiga pekan ke depan. Bahkan, dua pekan lagi kemungkinan Kota Surabaya akan diguyur hujan lebat dua kali dalam sepekan. Terutama pada tanggal 16 Juli. Kemungkinan yang sama juga akan terjadi pada 24-27 Juli.

Pemerintah Kota Surabaya harus bersiap untuk menjaga kemungkinan banjir seperti yang terjadi pada akhir Mei lalu.

BMKG Stasiun Meteorologi I Perak Kota Surabaya mengatakan, suhu dingin tersebut terjadi karena posisi matahari berada di Bumi Bagian Utara (BBU). Karena itu, yang menerima panas matahari lebih banyak berada di sekitar bagian utara khatulistiwa.

Akibatnya, paparan sinar matahari ke Surabaya yang berada di bagian selatan khatulistiwa pun sedikit berkurang. “Itu yang mempengaruhi turunnya suhu di Surabaya,” demikian pernyataan dari stasiun meteorologi tersebut yang diterima SUROBOYO.id

Selain itu, BMKG Perak juga menyatakan bahwa pergerakan awan mempengaruhi suhu di Surabaya. Awan tebal kerap menyelimuti Ibu Kota Provinsi Jawa Timur tersebut. Bahkan, beberapa kali terjadi hujan singkat. “Cahaya matahari pun terhalang. Suhu pun turun,” katanya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here