Eco Driving Lebih Baik Daripada Rusak Tuku Maneh!

eco driving
Bapak Sugihenti perwakilan dari Nissan College, Nissan Training Center saat sharing bersama para blogger Kota Pahlawan.

Berita Surabaya — Rek, rek. Apakah kamu tahu Eco Driving? Itu lho, cara mengemudi untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar dan berperan  mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya.

Ini ilmu agar kita nyetir mobil gak ngawur. Gak ugal-ugalan. Gak gunggungan. Eleng ndisek onok arek Suroboyo nabrak bakul STMJ sampek meninggal. Kon gelem ta garai uwong gak salah mati gara-gara kon gak ati-ati? Enggak kan. Makanya, kamu wajib tahu Eco Driving.

Selain sebagai optimasi bahan bakar, Eco Driving juga berkontribusi terhadap program pelestarian lingkungan. Sebab, salah satu penyumbang pemanasan global adalah penyerapan gas CO2 (efek rumah kaca) dan sektor transportasi menempati posisi ke-3 penyumbang emisi karbon terbesar.

Dari sisi keterampilan pengemudi sendiri, terdapat 3 aspek dari keterampilan mengemudi yang wajib diketahui yaitu:

  1. Defensive Driving: mengemudi untuk menyelamatkan nyawa, waktu dan uang.
  2. Safety Driving: mengemudi aman dan selalu berpikir jauh ke depan serta waspada terhadap segala resiko yang terjadi.
  3. Eco Driving: mengemudi untuk menghemat waktu, biaya dan ramah lingkungan.

Eco Driving menjadi pilihan yang paling baik dari 3 kategori skill mengemudi tersebut karena mengkombinasikan antara teknik mengemudi secara Safety Driving dengan psikologi dari Defensive Driving. Namun begitu Eco Driving juga membutuhkan persiapan sebelum berkendaraan dan kemampuan berkendara.

Nah, cara berkenda yang baik itulah yang dibahas dalam  acara Temu Blogger di kota tercinta kita, Kota Surabaya. Topiknya, Eco Driving, Mau Gak Tekor? Ini Caranya. Yang mengadakan mobil123.com dengan menampilkan narasumber dari Nissan Motor Indonesia belum lama ini.

Bapak Sugihenti perwakilan dari Nissan College, Nissan Training Center merasa gembira dapat berkolaborasi dengan mobil123.co untuk mengedukasi para blogger di kota Surabaya tentang Eco Driving.

“Nissan Motor Indonesia sebagai salah satu perusahaan perakit dan distribusi mobil di Indonesia, kami berkeinginan untuk berkontribusi aktif dalam melakukan program sosialisasi dan program edukasi publik mengenai Eco Driving ini,” kata bliyo.

“Dengan pemahaman dan persiapan yang benar, bukan tak mungkin Eco Driving akan memberikan keuntungan menyeluruh baik bagi pengendara dari sisi keselamatan maupun efisiensi penggunaan bahan bakar maupun lingkungan sekitar,” lanjutnya.

Sementara pihak inisiator mobil123.com melalui Indra Prabowo, Managing Editor mobil123.com mengatakan bahwa mobil123.com memiliki komitmen untuk memberikan wadah edukasi inspiratif bagi masyarakat otomotif Tanah Air. Caranya  dengan menggelar rangkaian kegiatan talkshow dan tatap  muka dengan berbagai kalangan termasuk blogger.

“Kami memang bergerilya ke beberapa kota di Indonesia. Setelah menghampiri Kota Bandung, maka kali ini Surabaya menjadi destinasi dari kegiatan talkshow inspiratif yang mengusung topik-topik hangat yang berhubungan dengan otomotif sehingga semakin banyak masyarakat yang lebih mengerti seputar dunia otomotif”.

Nah, wes kan, Rek. Penting temenan kan Eco Driving iku. Makane nek nyetir ojok awur-awuran. Kabeh onok ilmune. Ojok titik-titik semboyane, rusak tuku maneh!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here